Home » , , , , , , , » KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PERTAHANKAN OPINI WTP

KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PERTAHANKAN OPINI WTP

Written By SEDI SUGANDA on Selasa, 11 Juni 2013 | 16.49.00

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Anggaran 2012
Atas capaian itu, Kabupaten Kuantan Singingi menjadi daerah pertama yang sukses mempertahankan opini WTP dari BPK RI di Provinsi Riau. Tahun lalu, Kuansing juga menjadi kabupaten pertama yang meraih opini WTP atas LKPD Tahun anggaran 2011.
Kapasitas mendapatkan opini WTP ini setelah ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Drs. Widiyatmantoro mengumumkan sekaligus menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada Wakil Ketua DPRD Kuantan Singingi Sardiyono, Amd dan Bupati Kuansing H. Sukarmis di Auditorium Kantor BPK Ri Perwakilan Riau, Pekanbaru, Jumat 24/5).
Penyerahan LHP ini juga disaksikan langsung Wakil Bupati Kuantan Singingi H. Zulkifli, MSi serta pemuka masyarkat Kuansing Ir. Mardianto Manan MT IAP, para asisten, staf ahli, kepala dinas, kepala badan, kepala bagian, dan camat di lingkungan Pemkab Kuantan Singingi.
LHP atas LKPD Kuansing 2012 ini jauh lebih baik dari sebelumnya, yang dikemas dalam tiga buku, Buku pertama adalah LHP yang memuat laporan keuangan Pemkab Kuansing dan opini atas Laporan Keuangan tersebut. Buku kedua memuat LHP atas sistem pengendalian inten dan buku ketiga memuat LHP atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.
“Dari hasil pemeriksaan yang kita lakukan, bahwa Kabupaten Kuantan Singingi kembali diberikan opini WTP atas LKPD Kabupaten Kuantan Singingi tahun anggaran 2012. Opini lebih baik dari tahun sebelumnya yang mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP DPP). Dengan ini, kuansing menjadi kabupaten pertama yang mempertahankan opini WTP di Provinsi Riau,” kata kepala BPK RI Perwakilan Riau, Drs. Widiatmantoro, dalam sambutannya.
Selain itu, stebut Widiatmatoro, Pemkab Kuansing termasuk pemerintah daerah yang menyerahkan LKPD TA 2012 unaudit tepat waktu, yaitu pada 26 Maret 2012. Opini WTP yang diberikan tersebut, katanya, telah didasarkan pada langkah-langkah perbaikan yang dilakukan Pemkab Kuansing terhadap paragraf penjelasan pada opini WTP DPP sebelumnya.
Meskipun dalam beberapa hal terdapat temuan mengenai sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, namun temuan tersebut kata Widiaatmantoro, masih dalam batas materialistik dan tolerable error yang diterima. Sehingga tidak mempengaruhi pemberian opini WTP yang diberikan BPK RI.
Pihaknya berharap supaya Pemkab Kuansing mampu mempertahankan dan meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik lagi dan dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya di Provinsi Riau maupun tingkat nasional. ”Semoga ini bisa dipertahankan,” harapnya.
Atas keberhasilan mempertahankan opini WTP ini, Bupati H. Sukarmis mengatakan, bahwa ini merupakan hasil dari kerja keras semua pihak di Kuansing. Ia berharap, opini WTP ini dapat dipertahankan kembali. “Tidak mudah untuk mempertahankan opini WTP ini, Alhamdulillah kita bisa memperthankannya, “kata Bupati H Sukarmis.
Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BPK RI Perwakilan provinsi Riau yang senantiasaimb membantu, membimbing dan memberikan masukan kepada pemkab, sehingga pihaknya bisa memperbaiki pengelolaan keuangan daerah. “dari WTP DPP, kita berhasil meraih WTP Murni, “ katanya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger