Home » , , , » Sawit Solusi Mensejahterakan Daerah Perbatasan

Sawit Solusi Mensejahterakan Daerah Perbatasan

Written By SEDI SUGANDA on Selasa, 11 Juni 2013 | 17.04.00

kelapa-sawit

Baru-baru ini Indonesia dihebohkan oleh isu  pencaplokan daerah perbatasan oleh Malaysia. Namun pada saat itu juga masyarakat Indonesia dihadapkan pada kenyataan kesejahteraan penduduk di ujung Indonesia yang cukup memprihatinkan.
Achmad Mangga Barani Ketua Umum Forum Pengembangan Perkebunan Strategis Berkelanjutan (FP2SB) menjelaskan begawan perkebunan , salah satu cara mensejahterakan daerah perbatasan adalah dengan membangun kebun sawit di daerah tersebut.  Komoditas sawit berbeda dengan tanaman perkebunan lainnya, seperti kakao atau karet.
Pembangunan kelapa sawit tidak hanya mensejahterakan masyarakat namun juga bisa mendorong perkembangan ekonomi daerah. Setiap kali ada perusahan yang membangun kebun di suatu daerah maka harus ada pabrik yang dibangun ditempat itu. Berbeda dengan karet atau kakao yang pabriknya adanya diperkotaan.
Ketika ada pabrik yang dibangun di tempat yang terpencil dipastikan setiap 2 minggu setidaknya akan terjadi transaksi minimal Rp. 5 M. “Jadi bisa dibayangkan dampak uangnya yang beredar begitu besar bagi suatu daerah. Maka yang kemudian muncul warung,pasar, bank. Itu sebabnya banyak daerah-daerah pengembangan kelapa sawit yang awalnya desa kemudian menjadi kecamatan, lalu berkembang jadi Ibu kota kabupaten” , ungkap Mangga Barani.
Persoalannya, menurut Mangga Barani Indonesia menerapkan kebijakan savety beltuntuk daerah perbatasan Dimana 5 km  dari batas negara tidak boleh ada penanaman dan umumnya menjadi pengawasan TNI.
Pada tahun 2007 konsorsium PTPN sudah membuat proposal untuk mengembangkan kelapa sawit di daerah perbatasan seluas 180 000 ha. Rencana ini sudah akan segera diakusisi, namun karena ada protes dari LSM rencana itu dihentikan. “ Tentu ini yang membuat saya heran. Kok, negeri ini takut sama LSM,” keluh Mangga Barani.
Oleh sebab itu, Mangga Barani menegaskan untuk mendorong pengembangan kelapa sawit di daerah perbatasan adalah cara mengatasi masalah rendahnya kesejahteraan masyarakat di ujung wilayah Indonesia. “Hanya saja perlu keberanian pemerintah untuk melakukannya,”
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger