Home » , , » Disebabkan Selingkuh dan Poligami Kanker Serviks Pembunuh Bagi Wanita

Disebabkan Selingkuh dan Poligami Kanker Serviks Pembunuh Bagi Wanita

Written By SEDI SUGANDA on Selasa, 14 Mei 2013 | 11.29.00


Sekitar ratusan kaum hawa dari Kecamatan Mandau, Pinggir, Rohil, Siak dan Kandis mendengarkan pemaparan langsung dari dr Boyke Dian Nugraha SpOG, MARS yang sengaja di datangkan dari Jakarta. Kehadiran pakar kedokteran dan seksolog ternama itu ternyata amat menarik minat kaum hawa. Hingga tak pelak, ruang pertemuan Hotel Sutya Duri jadi penuh sesak. Dengan gaya khasnya, dr Boyke menyebutkan, bahwa kanker serviks merupakan pembunuh wanita nomor satu setelah kanker payudara. Untuk itu para wanita diharapkan bisa lebih dini mendeteksi penyakit berbahaya itu agar bisa terhindar dari hal-hal tak diinginkan. “Setiap 15 menit ada wanita yang terkena kanker serviks. Setiap 30 menit dari penderita itu meninggal satu,”jelas dr Boyke di acara seminar sehari bertajuk Wanita Indonesia Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, yang diselenggarakan IBI Ranting Bidan Praktek Swasta, Ahad (27/5) kemarin.

Dikatakannya, penyebab utama tingginya angka penderita kanker serviks itu disebabkan kasus perselingkuhan, disamping kasus poligami dan poliandri. Menurutnya, dari riset yang sudah dilakukan dua diantara tiga laki-laki berselingkuh. Sementara dua dari lima wanita juga berselingkuh.
“Penyebab selingkuh itu karena komunikasi yang tak jalan, seks yang tak terpuaskan, tak punya anak dan lainnya. Makanya segera perbaiki komunikasi. Bagi yang seksnya bermasalah, segera datangi klinik,” tegas dr Boyke lagi.
Sementara itu, Ketua IBI Ranting BPS Duri, Ema Sasyuryani mengatakan seminar dalam rangka menyambut HUT ke-61 IBI, dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan kepedulian terhadap bahaya kanker serviks yang hingga kini masih menjadi ancaman serius bagi kaum ibu di negeri ini. “Sebagai bidan, selama ini kita banyak berhubungan dengan kalangan ibu. Kebanyakan dari pengidap kanker serviks baru diketahui setelah stadium IV. Padahal kanker ini adalah pembunuh kaum ibu nomor satu setelah kanker payudara. Makanya kita terpanggil untuk menggelar seminar ilmiah ini,” ucap Ema.
Selain menghadirkan dr Boyke, pihaknya juga menghadirkan Dr Arif Tribiono SpOG yang membahas Contraceptive up date khususnya IUD, serta Muhammad Irfan dan Dr Yudi Rinato yang membincang kesehatan sebagai lifestyle. Dikatakan, lewat seminar ini, para pengurus IBI Ranting BPS setempat berharap pengetahuan kaum ibu tentang kanker serviks serta upaya-upaya penanganan dan pencegahannya akan semakin bertambah. Disebut Ema, selain kiprah petugas kesehatan, peran anggota keluarga terutama para suami dalam ikut membantu kaum ibu dalam mendeteksi dan mencegah penyakit cukup berbahaya ini sangatlah diperlukan. “Harapan kita, jumlah kematian kaum ibu akibat kanker serviks di masa datang bisa bisa ditekan,
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger