Home » , » Pertumbuhan Ekonomi Kuansing di atas Rata-rata Nasional

Pertumbuhan Ekonomi Kuansing di atas Rata-rata Nasional

Written By SEDI SUGANDA on Minggu, 05 Mei 2013 | 10.40.00

TELUK KUANTAN (RP) - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Mahdi Muhammad menyebutkan, bahwa pertumbuhan ekonomi Kuansing saat ini di atas rata-rata nasional, yang pertumbuhannya di atas 7 persen. Sementara rata-rata pertumbuhan ekonomi secara nasional hanya mencapai 6,2 persen.
Bila dilihat dari angka kinerja ekonomi di Riau, menurutnya ekonomi Riau cukup menggairahkan. Pasalnya pada tahun lalu ekonomi Riau tumbuh 7,8 persen. Dan pertumbuhan ini menurutnya, juga diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

‘’Riau pertumbuhan ekonominya 7,8 persen tahun lalu, dan khusus untuk Kuansing tumbuh 7 persen lebih dan ini di atas rata-rata nasional,’’ kata Mahdi Muhammad saat memberikan sambutan pada acara peresmian Bank Riaukepri Syariah di Teluk Kuantan, Rabu (10/4).

Di tingkat nasional, PDRB Riau nomor 5 tingkat nasional dengan jumlah Rp469,1 triliun dan nomor satu di luar Pulau Jawa. Diharapkannya, kondisi perekonomian Kuansing saat ini harus dijaga dan ditingkatkan. ‘’Momentum ini harus kita jaga agar pertumbuhan ekonomi kita berkualitas,’’ harapnya.

Disebutkan, bahwa di Kuansing, dana masyarakat terserap di sektor perbankan hampir mencapai Rp1 triliun yang jumlahnya mencapai Rp971,1 miliar. Kemudian, di Kuansing kreditnya besar bila dibandingkan dengan uang yang terserap atau naik 70 persen dari jumlah uang yang terserap. ‘’Itu kondisi perbankan di Kuansing, dimana kreditnya besar mencapai 170 persen dari dana yang diserap,’’ ucapnya.

Angka ini menurutnya, menyebabkan dua hal. Pertama, memang kredit yang dikucurkan kepada masyarakat itu produktif dan kedua, adanya kemungkinan dana yang dipinjamkan itu belum maksimal penggunaannya oleh masyarakat alias kredit bermasalah. Bila dilihat dari data yang dmilikinya, persentase kredit bermasalah di Kuansing termasuk sedikit, yakni sekitar dua persen. ‘’Jadi, ini cukup baik di Kuansing,’’ katanya.

Melalui Bank Riaukepri Syariah, katanya, bisa dioptimalkan untuk mendorong perbankan syariah di Riau. Diharapkan, bank yang ada saat ini lebih memahami apa yang menjadi keperluan masyarakat, dan keperluan pelaku ekonomi. Karena menurutnya, tidak semua masyarakat mudah berurusan dengan bank. ‘’Maka diharapkan banyak turun ke lapangan untuk melihat potensi ekonomi masyarakat kita,’’ harapnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger