Home » , , » Gandeng Inhu, Pemkab Pelalawan akan Rebut Blok Kampar

Gandeng Inhu, Pemkab Pelalawan akan Rebut Blok Kampar

Written By SEDI SUGANDA on Minggu, 28 April 2013 | 16.19.00

Gandeng Inhu, Pemkab Pelalawan akan Rebut Blok Kampar
PANGKALAN KERINCI-Bupati Pelalawan, HM Harris mengaku siap untuk merebut pengelolaan eksplorasi minyak Blok Kampar yang ada di Kecamatan Ukui-Kerumutan, Kabupaten Pelalawan dan Kecamatan Lirik, Kabupaten Inhu yang masih dipegang PT.Medco.

Masa kontrak eksplorasi Medco di Blok Kampar tersebut akan habis tahun ini. Untuk mewujudkan keinginan itu, Pemkab Pelalawan sudah berkoordinasi dan menggandeng Pemkab Inhu untuk merebut pengelolaan Blok Kampar tersebut.

Demikian diungkapkan Bupati Pelalawan, HM Harris kepada wartawan  di Media Center Pemkab Pelalawan, Jumat (26/4). Menurutnya, kalau untuk membangun daerah, prinsipnya Pemkab Pelalawan siap bekerjasama dengan Inhu berjuang merebut eksplorasi Blok Kampar dari PT. Medco.

"Kita siap mengelola Blok Kampar dan berkerjasama dengan Pemkab Inhu. Untuk bekerjasama dengan Pemkab Inhu merebut Blok Kampar malah sudah kita mulai dengan koordinasi, meski baru melalui telepon kemarin. Kalau untuk kerjasama teknis antara Pemkab Pelalawan-Inhu akan dibahas khusus ke depannya,” kata HM Harris.

Bahkan untuk merebut dan mengelola Blok Kampar, kata Harris, dirinya sudah mempersiapkan tenaga teknis dan pemodal untuk meneruskan eksplorasi Blok Kampar. ”Jadi bila Blok Kampar berhasil direbut dan dikelola, dalam waktu sebulan usai peralihan dari PT. Medco, kita sudah bisa beroperasi. Karena kita sudah siapkan tenaga teknis dan pemodalnya. Jadi masalah SDM dan finasial untuk kelola eksploitasi minyak Blok Kampar tak ada masalah,” tukasnya.  

Dijelaskan, perpanjangan kontrak pengelolaan Blok Kampar ketika ditanyakan pada PT.Medco disebutkan kalau mereka tidak akan memperpanjang kontrak. Hanya saja, ketika perpanjangan kontrak PT. Medco di cek ke Kementerian ESDM ternyata PT Medco hanya akan memperpanjang kontrak eksploitasi minyak Blok kampar bagian selatan.

“Kita tetap berusaha merebut eksploitasi Blok Kampar bagian selatan yang akan diperpanjang masa kontraknya melalui pemerintah pusat oleh PT. Medco. Karena saatnya daerah merebut dan mengambil alih pengelolaannya demi kesejahteraan masyarakat,” kata HM Harris.

Khusus bagi hasil dengan Pemkab Inhu, bila berhasil merebut dan mengelola eksploitasi Blok Kampar, menurut Harris akan segera dibuat perjanjian. Dimana hasil eksploitasi minyak di wilayah Inhu akan dikembalikan pada Pemkab Inhu. “Kalau hasil produksi pengelolaan minyak di Pelalawan akan dikembalikan hasilnya kepada Pemkab Pelalawan. Jadi kerjasama kita dengan Inhu nantinya untuk mengelolaan minyak Blok Kampar dilakukan secara transparan,” kata Harris.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger