Home » , , » Tanggul Bendungan Terbesar Di Kuansing Jebol"Simak selengkapnya.!!!

Tanggul Bendungan Terbesar Di Kuansing Jebol"Simak selengkapnya.!!!

Written By SEDI SUGANDA on Kamis, 25 April 2013 | 10.40.00

Bendungan Kuansing "Jebol"!!

TALUK KUANTAN--Tanggul penahan air pada salah satu bendungan terbesar di Kuansing, yakni Bendungan Sungai Batang Pangean jebol hingga menghancurkan rumah dan merendam ratusan rumah warga, yang terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Senin dini hari (29/10) kemarin.

Jebolnya tanggul tersebut disebabkan hujan deras yang tidak berhenti selama beberpa hari terakihir ini sehingga mengakibatkan debit air yang berada di sepanjang sungai batang pangean membesar sehingga menghantam bendungan terbesar di kuansing.

Akibatnya, satu unit rumah yang terbuat dari tembok milik Neneng (45), warga Dusun Penghijauan, yang berdiri kokoh di bawah tanggul hancur karena diterjang air Sungai Batang Pangean tersebut.Selain meluluhlantakkan rumah milik Neneng, akibat dari jebolnya tanggul Bendungan Pangean ini juga merendam sekitar 120 rumah di Dusun Penghijauan, serta juga merendam jalan provinsi yang menghubungkan Teluk Kuantan-Cerenti.

Kepala Dusun Penghijauan Desa Pasarbaru Pangean, Agus Salim mengungkapkan, kalau di dusunnya ini merendam sekurangnya 120 rumah, dan menghancurkan satu unit rumah milik Neneng.Ia menyangsikan, apabila hujan kembali mengguyur bagian hulu sungai ini tentu berakibat terhadap pemukiman warga Penghijauan, yang bisa terus merendam dan menggenangi rumah dan jalan provinsi yang ada di daerah ini.

Camat Pangean Novrion SSos Menurutnya, ada sekitar 10 meter tanggul di Bendungan Pangean ini jebol yang setiap saat airnya akan meluncurkan ke pemukiman warga dan jalan provinsi termasuk ke sejumlah desa yang ada di Pangean, seperti Koto Tinggi, Pulau Tengah, Pulau Kumpai, dan Pauh Angit.

"Bisa saja kalau hujan terus mengguyur, setiap rumah yang berada di sepanjang aliran sungai ini akan jadi sasaran banjir, dan ini akan lebih parah lagi," ujar Novrion.

"Bendungan ini berada diatas rata-rata pemukiman masyarakat," katanya.Disampin tanggul bendungan yang jebol, ada sekitar 50 meter turap air saluran pembuang juga jebol.

Sekarang kondisinya sudah retak-retak dan tanahnyapun sudah amblas seiring dengan derasnya arus sungai, Ahad malam (28/10) kemarin.
"Kalau ini dibiarkan, ini akan lebih membahayakan lagi," katanya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kuansing, Nopriman HK ST MT mengatakan, bahwa pihaknya akan mengopname seluruh fasilitas yang ada di tengah masyarakat yang rusak akibat banjir ini .

," untuk mengiventarisir ini kita tentu menunggu banjir surut Sekarang kan masih banjir, tentu kita tunggu surut setelah itu baru kita inventarisir.Ujarnya

Kalau memang bisa pakai dana bencana alam, kita bangun. Tapi kita akan pantau dulu sambil menunggu banjir benar-benar surut,"
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger