Home » , , » Kmapung Pulau Mungkur nan Indah & Permai.

Kmapung Pulau Mungkur nan Indah & Permai.

Written By SEDI SUGANDA on Selasa, 23 April 2013 | 15.47.00

Kmapung Pulau Mungkur nan Indah & Permai.

Kampung Q tempat tinggal Q..
Pulau mungkur yang tercinta..
walau engkau jauh di sana,tp aq tetap slalu rindu pada mu..
sekarang aq telah jauh dari mu,merantau ke negri orang untuk mencari kehidupan yang baru dan suasana yang berbeda dari dahulunya..

dulu inilah kampung Q Pulau Mungkur..

PADANG KUMPAI

ini adalah lahan padang kumpai (sawah) yang di gunakan masyarakat pulau mungkur untuk bercocok tanam untuk menhasilkan padi dan beras sendiri,yang di sebut dengan beras kampuang.

TOPIAN PANDIT

ini adalah sekitar sungai kuantan (topian pandit namonyo),dulu di beri nama itu karna sejajar dengan rumah si pandit di ateh bukit. tapi sekarang pandit ola marantua pulo ka pokan baru dan babini di benai...
sungai kuantan ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat pulau mungkur, terutama sekali untuk mandi sehari-hari... selain mandi juga dijadikan untuk mencuci pakaian,motor,mobil,apapun yg bisa di cuci di situ..
untuk buang air besar kecil juga bisa... 
itulah sungai kuantan yg srba guna, bisa juga untuk latihan renang,dayung,dll...
bisa juga untuk alat transportasi masyarakat sekitar.. seperti di buat pompong,perahu. dan banyak lagi kegunaannya yg lain yg belum bisa saya uraikan satu / satu.

Jalur (Sampan)
Ini adalah jalur, jalur ini sengaja dibuat masyarakat pulau mungkur khususnya dan kuansing umumnya.
jalur ini di gunakan untuk di pacukan/ diadu dalam kompetisi setiap kecamatan. dan acara puncaknya adalah di tepian jalur taluk kuantan. pacu jalur ini adalah kebudayaan turun temurun dari nenek moyang dahulu yg di selenggarakan sampai sekarang. kebudayaan kuansing yg paling besar adalah pacu jalur ini,yg melibatkan banyak orang dan anggota pemacunya.
anggota pacuannya mencapai 60 orang lebih 1 buah jalur itu, yg mendayung secara serempak di setiap sisinya.
dalam jalur ini terdiri dari pendayung,tukang tari depan(anak joki),tukang timbo ruang(di tengah),tukang onjai(tukang tari di belakang).


Pendekar Sutan

Pendekar sutan adalah jaluar dari desa pulau mungkur yang saat ini di pacukan anak pacuannya,yang berlaga saat ini,, jalur ini adalah kebanggan masyarakat pulau mungkur saat ini. perlu diketahui juga,terjadinya sebuah jalur pendekar sutan ini sangat banyak kisahnya dan tragedinya,,  dari awal cari banan sampai manobang banan,mambuek jaluarnyo dan maelo jaluar ini. kita bahas secara garis besarnya aja dulu yah,,"""
pertama mencari banan/kayu jalur ini penuh dengan perjuangan yang sangat pahit bagi masyarkat pulau mungkur, hari pertama mencari kayu ini sempat warga tersesat di hutan ntah beranta dimana tempatnya,, stelah beberapa hari pencarian baru di temukan warga yang tersesat tersebut,syukur masih hidup dan baik2 aja. karna mereka punya makanan yang cukup dan tempat yang memadai,,, .
setelah kayunya ketemu dan cocok untuk di buatkan 1 buah jalur/sampan besar barulah para tukang merancang suatu jaluar yang indah dan mantap,setelah tukang bekerja selama 2/3 minggu jalur udah hampir jadi dan udah siap di bentuk. kemudian para masyarakat pulau mungkur kadarek samo2 untuak maelo jaluar tersebut,, bermacam2 bentuk dan cara tesendiri, ada yang pakek motor,mobil juga pakek heli kopter"eh salah" heli kopter gak ada ya"soorryy". ada ibu2,bapak2,anak2,para gadis,janda,duda,perawan,perjaka dll.
ada yang berpasangan juga,ada yang suami istri juga,dan ada juga yang monang bay/sendiri. tapi kalo membawa pasangan/pacar "waduh sedapnya" apa lagi pas makan siangnya ber2an di semak2!!! "eeehh jangan ngeres dulu dong pikirannya" maksud di semak2 tu di pohon / tanah beralaskan daun kayu..
dan yang paling seru lagi pas maelo jalurnya/menarek jaluarnya tu "wwuuuiiihhhh mantap deh pokoknya" apalagi pegang talinya dekat cewek mantap banah tu,, senggol kiri senggol kanan "eh salah pegang deh"..
maelo jaluar ini bisa 5,6,7/8 kali kadarek,, barulah bisa sampai ke tempat dimana akan di diang / di panggang/di bentuk seperti jaluar lainya, guna di diang/di panggang supaya air yang terkandung di dalam kayu tersebut kering dan jaluarnya ringan untuk di pacukan,selain itu juga untuk membentuk suatu bentuk yang bagus seperti,kembangnya,lentiknya,pinggirnya supaya sama rata dll deh,,
setelah siap didiang dan udah bentuknya bagus barulah di ketam,di kasi panggar(tempat duduk pemacunya) ada juga sento, timbo ruang,tarajuak,dll. baru kemudian di uji coba ke dalam air,untuk di kayuah basamo2, untuk melihat lajunya,tata letaknya,dll. kemudian baru di cat dengan bagus dan rapi supaya kelihatan indah dan menarik,,"SIAP UNTUK DI PACUKAN/DI ADU DENGAN JALUAR LAIN" seperti gambar di bawah iniii..///
"sekian dulu ya masalah jaluar ini, kalo mau tau lebih banyak silakan klik di wab ini"https//www.kuansing.com"/ jaluar kuansing.com"kuansing.com / jaluar kuansing.com
ntar jangan lupa komentarnya tinggalkan di bawah kalo siap membaca"


JALUAR PULAU MUNGKUR " PENDEKAR SUTAN "
vidio pacu jalur 2012


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

22 Mei 2019 pukul 22.11

Awang kumpai bang

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger