Home » , , » Kepala Desa (Kades) Agar Tidak Berpolitik"

Kepala Desa (Kades) Agar Tidak Berpolitik"

Written By SEDI SUGANDA on Rabu, 24 April 2013 | 09.22.00

Bupati Kuantan Singingi H. Sukarmis kembali mengingatkan kepala desa (Kades) agar tidak berpolitik, terlebih lagi dalam menghadapi pelaksanaan Gubernur Riau (Pilgubri) tahun ini dan Pemilihan Umum ( Pemilu) 2014. Peringatan itu ditegaskan Bupati H. Sukarmis, saat melantik dua kepala desa di Kecamatan Hulu Kuantan.
Jadi, Kades tidak boleh berpolitik walaupun dipilih oleh masyarakat secara demokrasi. Tapi kalau tetap saja mereka berpolitik, ya terima resikonya, ujar Sukarmis yang menyarankan kepala desa itu agar proaktif di masyarakat dalam melaksanakan pembanguna di desa.
Kendati dipilih secara demokratis, namun kata bupati, Kades itu bukan orang politik, akan tetapi, sebut Kades harus paham dan mengerti dengan politik. Menurutnya, jawaban politis itu berada pada jabatan Presiden, Gubernur, dan Bupati/ Walikota. Orang-orang yang mendukung jabatan itu adalah orang politik, orang partai, tegasnya. Apabila Kads itu terlibat langsung dalam politik praktis, Sukarmis menilai, akibat dari perbuatannya itu akan merugikan masyarakat yang dipimpinnya. Karena pembangunan di desa tergantung kepada Bupati.
Menjelang Pilgubri dan Pemilu 2014, menurut Bupati akan sangat banyak para calon Gubernur dan calon Legislatif yang akan dating ke kampung-kampung, dan sasaran pertama yang didatanginya adalah kepala desa. Pasalnya, para calon menganggap kepala desa itu dekat dengan masyarakat. Dengan berbagai macam rayuan dan iming-iming, kata Sukarmis, kepala desa tentu bisa terjebak dalam permainan politik mereka. Tentunya dengan harapan, Kads itu bisa mengarahkan masyarakat untuk memilih calon tertentu. Terkait ini, Bupati juga mengingatkan, bahwa tidak akan seluruhnya masyarakat di desa itu mau mengikuti kemauan seorang Kades. Sehingga akibatnya, masyarakat yang tadinya kompak harus terpecah belah akibat kepentingan politik seseorang.
Jangan, Kades tak boleh memaksa masyarakatnya untuk memilih satu partai. Tak mungkin seluruh masyarakat itu mau, tentu bagi yang tidak mau akan menjadi lawan di Desa, ingat Bupati. Oleh karenanya, bagaimanapun situasi politik saat ini, bupati berharap kepala desa itu menjalankan tugasnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung program yang dilaksnakan pemerintah. Kalau Kades itu berperan aktif dimasyarakat, dan tidak melawan kepada Bupati, insyaallah desa akan maju , Kata Sukarmis (R.Pos)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuansing_Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger